Home » » Mana yang Lebih Unggul? Sienta Vs Freed

Mana yang Lebih Unggul? Sienta Vs Freed

Posted by Indo Automotive on Thursday, 14 April 2016


Indo Automotif - PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi menghadirkan senjatanya yang baru,yaitu Sienta, sebuah mobil multi purpose vehicle (MPV) baru dengan fitur pintu geser.
Di Indonesia, bentuk dan fitur mobil ini mirip dengan produk keluaran PT Honda Prospect Motor (HPM), yaitu Freed. Lalu, mana yang lebih unggul?
Berdasarkan penelusuran ,di pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016, Kamis 14 April 2016, spesifikasi kedua mobil tidak jauh berbeda . Mulai Dari segi dimensi, Sienta memiliki panjang 4.235 milimeter (mm), lebar 1.695 mm dan tinggi 1.695 mm.
Sementara itu, untuk dimensi Freed panjangnya 4.215 mm, lebar 1.700 mm dan tinggi 1.740 mm. Artinya, Sienta sedikit lebih panjang, namun Freed unggul dalam hal lebar dan tinggi.
Untuk jarak poros roda, Sienta unggul 10 mm dari Freed, yakni 2.750 mm untuk Sienta dan 2.740 untuk Freed. Ini berarti ruang kaki penumpang tidak jauh berbeda antara dua mobil tersebut.
Sienta mengadopsi posisi tuas transmisi di konsol tengah, antara kursi penumpang depan dan pengemudi. Hal ini berbeda dengan Freed, dimana tuas transmisi diletakkan pada dasbor, sehingga ada ruang di antara jok depan.
Sebagai tenaga penggerak, Toyota memilih mesin empat silinder berkapasitas 1.500cc, sama seperti Honda. Hanya saja, tenaga yang dihasilkan cukup jauh berbeda.
Mesin 2NR-FE yang digunakan Sienta (sama persis dengan yang dipasang di Avanza terbaru) mampu menghasilkan tenaga sebesar 105,5 daya kuda pada putaran mesin 6.000 rpm (rotations per minute)dan torsi 140 Newton meter di 4.200 rpm.
Tenaga yang dihasilkan mesin Freed lebih besar, yakni 114,4 daya kuda pada putaran mesin 6.600 rpm dan torsi 146 Newton meter di 4.800 rpm. Jadi, meski lebih bertenaga, namun tenaga sebesar itu didapat dengan putaran mesin yang lebih tinggi, yang otomatis memengaruhi konsumsi bahan bakar.
Toyota juga menawarkan transmisi manual untuk Sienta, sehingga membuat mobil itu bisa dijual lebih murah ketimbang Freed. Untuk Banderol resmi dari Toyota Sienta adalah Sekitar Rp230-295 juta.
Sementara itu, harga jual Freed lebih mahal, yakni Rp273-294 juta. Dan Honda hanya menawarkan satu jenis transmisi saja, yakni otomatis.
Terakhir, meski sama-sama diproduksi di dalam negeri dan tersedia dalam versi matik, namun Freed masih memakai transmisi matik konvensional, sementara Sienta sudah mengadopsi teknologi CVT (continuous variable transmission).
Gimana,pilih yang luas atau yang leluasa?.


0 comments:

Post a Comment

Blog Archive

Powered by Blogger.

Kategori